Metode Pendidikan Akhlak Siswa di SLTA Kota Sabang

Authors

  • Sulaiman Sulaiman Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Al-Aziziyah Sabang

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v8i2.410

Keywords:

Metode, Pendidikan, Akhlak

Abstract

Pendidikan akhlak membuktikan tidak hanya dilakukan dengan pemberian materi saja namun lebih ditekankan dengan penerapan langsung seperti praktek sopan santun, berlatih mental salah satunya dengan latihan membaca syair-syair keagamaan, membiasakan kedisiplinan dalam kegiatan sehari-hari. Aktivitas di dalam lingkungan sekolah mendukung dalam pembentukan kepribadian siswa. Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana Metode pendidikan akhlak Siswa di SLTA Kota Sabang dan bagaimanakah keaktifan guru-guru di SLTA Kota Sabang terhadap pendidikan akhlak Siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Metode pendidikan akhlak Siswa di SLTA Kota Sabang dan untuk mengetahui keaktifan guru-guru di SLTA Kota Sabang terhadap pendidikan akhlak. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan menggambarkan dan menelaah apa yang ada pada masa sekarang. Penelitian dilakukan di SLTA Kota Sabang. Adapun yang menjadi responden yaitu terdiri dari satu orang kepala sekolah dan satu lagi guru bidang studi aqidah akhlak serta guru-guru yang mengajar ditempat tersebut yang dapat mewakili (20%) dari keseluruhan guru pengajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di SLTA Kota Sabang yang diterapkan sudah dapat berjalan dengan baik. Dan guru-guru telah menggunakan metode-metode yang cocok dalam membina akhlak siswa yaitu metode keteladanan, metode mengajak dan metode mengembirakan.

References

Abdullah M.Sufi. Dasar Dasar Pendidikan, Banda Aceh: Musyiah Darussalam.

Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro, 1992.

Aisyah Dahlan, Membina Rumah Tangga Bahagia dan peranan Agama Dalam Rumah Tangga, Jakarta: Jamumu, 1969.

Bagong Suyanto, Metode Penelitian Sosial:Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta: Kencana, 2007.

Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian, Bandung : Pustaka Setia, 2008.

Harian serambi Indonesia, Narkoba Merambah Sekolah di Aceh, Selasa 26 Mei 2015.

Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2001.

Ibnu Hajar Al-Atsqalani, FathulBaari, Syarah shahih bukhari, Beirut, Libanon: Darul Fikri, 1993.

Imam Suyogo, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung Remaja Rosda Karya, 2003.

Jalaluddin Rahmad, Metode Penelitian Komunikas, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2004.

Lexy J. Moelong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Lexy J. Moleong (Mengutip dari Guuba dan Lincol), Metodologi Penelitian Kuantitatip, Edisi revesi.Cet. 25, Bandung: Romaja Rosdakarya, 2008.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2005.

Lexy J.Moleong, MA, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.

Moh.Nazir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.

Muhammad Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara,1989.

PROHABA, Polres Sabang Musnahkan Puluhan Botol Esmenen, Selasa 28 Januari 2014.

Saifuddin Anwar, Metode Penelitian, Cet IX, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, , Al Fabeta, 2005.

Syarifuddin Azwar, Metode Penelitian , Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Zakiyah Dradjat, Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Published

2022-12-31

How to Cite

Sulaiman, S. (2022). Metode Pendidikan Akhlak Siswa di SLTA Kota Sabang. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 158-172. https://doi.org/10.54621/jiat.v8i2.410