Penerapan Metode Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ilmu Nahu Di MAN 2 Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.92Keywords:
Penerapan, CTL, Pembelajaran, Pembelajaran Ilmu NahuAbstract
Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang beranggapan bahwa anak akan belajar lebih baik jika anak bekerja dan mengalami sendiri apa yang dipelajarinya bukan sekedar mengetahuinya. Kontekstual Teaching Learning merupakan sesuatu proses pembelajaran holistik yang bertujuan untuk membelajarkan peserta didik dalam memahami bahan ajar secara bermakna yang dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata. Ketidaksingkronan antara idealitas dengan realitas strategi pembelajaran kontekstual yang ada dalam sebuah lembaga pendidikan, sehingga tertarik penulis untuk melakukan penelitian tentang penerapan metode Contextual Teaching Learning (CTL) di MAN 2 Bireuen. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami metode kontekstual teaching learning yang diterapkan di MAN 2 Bireuen dalam pembelajaran ilmu Nahu dengan mengaplikasikan ilmu Nahwu kedalam pembelajaran bahasa Arab. Ilmu Nahwu diajarkan dengan langsung praktek baik dengan mengi`rab, memadukan dengan pelajaran lain, dan mengaitkan ilmu Nahwu dengan makna kalimat dalam bahasa Arab. Dampak penggunaan metode CTL dalam penerapan di MAN 2 Bireuen dapat meningkatnya prestasi belajar siswa, terbentuk kelompok belajar, ramah atas keragaman siswa, dan terciptanya multi-intelegensi.
Published
How to Cite
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />