Metodologi Dalam Studi Islam

Tantangan Dan Peluang

Authors

  • Mohamad Rian Liputo IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v10i2.941

Keywords:

Metodologi Studi Islam, Tantangan, Peluang

Abstract

Penelitian dalam studi Islam memainkan peran penting dalam memahami dan mengembangkan pemikiran serta praktik Islam di berbagai konteks. Namun, tantangan metodologis dan peluang yang ada menuntut para peneliti untuk melakukan kajian mendalam agar dapat memberikan kontribusi yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk membahas metodologi penelitian dalam studi Islam dengan menyoroti tantangan utama, seperti keterbatasan sumber, bias interpretatif, serta keterbatasan akses pada sumber-sumber primer. Di sisi lain, penelitian ini juga mengidentifikasi peluang, seperti kemajuan teknologi dan keterbukaan dalam dialog antar-disiplin, yang dapat mendukung inovasi dan pendekatan baru dalam penelitian Islam.

References

Aini, Adrika Fitrotul, and Asep Nahrul Musadad. “Konteks Late Antiquity Dan Analisis Struktur Mikro Sebagai Counter Atas Skeptisisme Orisinalitas Teks Al-Qur’an: Refleksi Atas Pemikiran Angelika Neuwirth.” Suhuf 10, no. 1 (2017): 173–92. https://doi.org/10.22548/shf.v10i1.249.

Ali. “Antropologi Hukum Sebagai Pendekatan Dalam Penelitian Hukum Islam *.” Jurnal Kajian Hukum Islam 7, no. 1 (2013).

AR, Zaini Tamin, and Nia Indah Purnamasari. “Dinamika Epistemologi Studi Islam Di Kalangan Insider Dan Outsider.” Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah 27, no. 1 (2020): 84–100. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i1.85.

Chaer, Moh Toriqul. “Pendekatan Antropologi Dalam Studi Agama.” Jurnal Studi Islam Dan Muamalah 2, no. 2 (2016): 114–32. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2448.

Darmalaksana, Wahyudin, R. Yuli Ahmad Hambali, Ali Masrur, and Muhlas. “Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 Sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21.” Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1, no. 1 (2020): 1–12.

Firdaus, Aulia Mi’rajtin. “Analisis Implementasi Kebijakan Institutional Repository Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Etheses.Uinmalang.Ac.Id. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2023.

Hakim, Arfin Aflahul, Universitas Islam, Negeri Prof, and K H Saifuddin Zuhri. “Pendekatan Historis Dalam Memahami Perkembangan Islam Di Indonesia : Analisis Sosial Dan Keagamaan.” Tebuireng Journal of Islamic Studies and Society 5 (2024): 72–97. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/tjiss.v5i1.6306.

Hilmi, Rafiqi Zul, Ratih Hurriyati, and Lisnawati. “Pemikiran M. Amin Abdullah Tentang Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi.” Jurnal Ilmiah Al-Jauhari 3, no. 2 (2018): 91–102.

Islami, Athoillah. “Gender Mainstreaming Dalam Al-Qur’an Hadis Dan Relevansinya Terhadap Epistemologi Hukum Islam.” Jurnal Hukum Islam 15, no. 1 (2018): 181–89. https://doi.org/10.28918/jhi.v15i1.974.

Khasanah, Nur. “Kombinasi Pendekatan Studi Islam: Ikhtiar Menjawab Tantangan Studi Islam Ke Depan.” Religia 15, no. 1 (2017). https://doi.org/10.28918/religia.v15i1.125.

Mahyudi, Dedi. “Pendekatan Antropologi Dan Sosiologi Dalam Studi Islam.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 9, no. 2 (2023): 114. https://doi.org/10.30821/ihya.v9i2.17900.

Mufid, Fathul. “PENDEKATAN FILSAFAT HERMENEUTIKA DALAM PENAFSIRAN AL-QURAN: Transformasi Global Tafsir Al-Quran.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 12, no. 1 (2013): 31–49. https://doi.org/10.18860/ua.v0i0.2395.

Rohman, Miftahur, and Hairudin Hairudin. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial-Kultural.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2018): 21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603.

Saefullah, Agus Susilo. “Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama Dan Keberagamaan Dalam Islam.” Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 4 (2024): 195–211. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428.

Saumantri, Theguh, and Hajam Hajam. “Urgensi Metodologi Studi Islam Interdisipliner Untuk Moderasi Islam.” An-Nawa : Jurnal Studi Islam 5, no. 1 (2023): 1–18. https://doi.org/10.37758/annawa.v4i1.579.

Shabur, Aunur, Maajid Amadi, and Najih Anwar. “Perbandingan Metodologi Studi Islam Tradisional Dan Modern Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (2023): 22519–26.

Sutopo, Umarwan, and Achmad Hasan Basri. “Menguak Relasi Agama Dan Negara Dalam Sistem Ketatanegaraan Di Indonesia.” Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies 5, no. 1 (2023): 69. https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v5i1.6162.

Thoriq, Mohammad, Aqil Fauzi, Universitas Islam, Negeri Sunan, Ampel Surabaya, Mohammad Fikri, Ramadhani Fauzi, et al. “Pendekatan Filologis Dalam Studi Islam.” Tsaqofah, no. 1 (2023): 24–47.

Ushuluddin, Fakultas, D A N Filsafat, and Universitas Islam Negeri Ar-raniry. “Deradikalisasi Pemahaman Alquran Menurut Nasaruddin Umar,” 2019.

Vera, Susanti, Hilmi Uin, Sunan Gunung, and Djati Bandung. “Aktualisasi Nilai Ideal Moral Dalam Kehidupan Kontemporer Perspektif Al-Qur’an: Studi Interpretasi Surah Al-Alaq Dengan Metode Double Movement Fazlur Rahman.” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2021, 385–408. https://doi.org/10.30868/at.v6i02.2069.

JURNAL AT-TARBIYYAH  VOL. 10 NO. 2 TAHUN 2024

Published

2024-12-31

How to Cite

Mohamad Rian Liputo. (2024). Metodologi Dalam Studi Islam: Tantangan Dan Peluang. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(2), 161-178. https://doi.org/10.54621/jiat.v10i2.941