Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bireuen

Authors

  • Sarayulis Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i2.990

Keywords:

Gerakan literasi, Pojok baca kelas, Minat baca anak

Abstract

Kemendikbud mengartikan Kemampuan berliterasi sebagai kemampuan mengakses,memahami,dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan,antaralain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan atau berbicara. Salah satu akses literasi ini adalah pojok bacakelas sebagai perpustakaan mini yang dihadirkan dalam kelas sehingga lebih mendekatkan dan mengakrabkanlagi siswa dengan bahan bacaannya. Penelitian ini dilakukan di 3 kecamatan kota Bireuen,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara danangket. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa gerakanliterasi pojok baca belum terlaksana secara menyeluruh karena hanya ada 2 Kampus yang memiliki pojokbaca kelas masing-masing 1 Perpustakaan. Padahal seruan ini sudah dicanangkan olehpemerintah sejak tahun 2016 untuk mengembalikan budaya baca Mahasiswa/i, alasan yang mendasar oleh Kampus adalah keterbatasan dana dan minimnya pengalaman dalam mendesain pojok baca kelas.Dilihat dari eksistensi daya baca mahasiswa/i memberikan gambaran bahwa mahasiswa sangat menyambut baik kehadiran literasi minat baca di perpustaan ditandai dengan aktivitas dan antusias mahasiswa dalam membaca buku bacaan sebelum pelajaran dimulai dan pada saat jam istrahat.

References

Asih Ade & Dewantara Mas.2017.Keefektifan budaya literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca.JournalofEducationResearchandEvaluation.Vol.1(4).

Antasari, Indah wijaya. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. JurnalLibria. Vol.9No.1.

Faradina,Nidya.2017.Pengaru hprogram gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah Annajah Jatinom Klaten.JurnalHanataWidya. Vol.6,No.8..

Kalida dan Mursyid.2015.Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta : AswajaPresindo.

M.A. Lexy J. Moleong. 2017.Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. Iman Taufik, Edisi Revisi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset).

NurzamanRuban.2016.Tujuan-dan-rambu-rambu-pembuatan-pojok-baca-online-http://-rubanurzaman.gurusiana.id/diakses-tanggal-02/Oktober/2019.

Prasetyono, D. S. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini.Jogjakarta:Think

SisiEdukasi.2018.Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah, Menumbuhkan Budaya Literasi diSekolah.Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikandan Kebudayaan.

Wulanjani Arum & Wahyu Candradewi. 2019. Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Proceding Of Biology Education.Vol.3.N. 1.

Published

2024-12-31

How to Cite

Sarayulis. (2024). Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 219-228. https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i2.990